Wednesday 2 March 2016

SUMBER DAYA ALAM YANG TIDAK DAPAT DIPERBARUI



  1. EMAS DAN PERAK
Berikut ini adalah manfaat emas dalam kehidupan manusia:
1. Perhiasan
2. Kesehatan Gigi
3. Perlengkapan Pesawat Ruang Angkasa
4. Produksi Perangkat Elektronik
5. Bahan Membuat Penghargaan

Upaya pelestariannya adalah
1. Dengan menggunakan tenaga alternatif
2. Membatasi penggunaan barang-barang tersebut
3. Menanam kembali tanaman-tanaman yg sudah ditebang/dipakai
4.Tdk mengekspor emas & perak secara berlebihan

  1. ALUMUNIUM
manfaat aluminium :
1.      Komponen Otomotif
2.      Produk Kontruksi
3.      Bahan Cat
4.      Produk Kemasan
5.      Kertas Aluminium
6.      Produk Peralatan Memasak
7.      Produk Listrik
8.      Saluran Telepon
9.      Bahan Antiperspirant
10.  Produk Rumah Tangga
11.  Transmisi Listrik
12.  Meningkatkan Ekonomi
Cara Melestarikannya :
1.      Mendaur ulang aluminium yg sudah tidak terpakai
Membatasi pemakaian aluminium

3.     TEMBAGA

manfaat tembaga bagi kesehatan tubuh manusia:
  1. Melancarkan proses produksi sel darah. Senyawa tembaga memiliki manfaat utama yaitu sebagai alat memperlancar proses produksi sel darah. Sel darah tentunya sangat penting bagi manusia untuk terus hidup dan mempengaruhi bagian juga organ tubuh lainnya.
  2. Menjalankan sistem kerja saraf. Manfaat lainnya dari senyawa Tembaga adalah untuk menjalankan sistem kerja saraf. Sistem saraf harus terus bekerja dengan baik untuk menjalankan organ – organ dan memberi reaksi dalam tubuh kita.
  3. Menjaga sistem imun. Di setiap tubuh manusia terdapat imun – imun yang berfungsi untuk menagkap zat baik dan membuat tubuh menjadi kuat dan terbeas dari berbagai penyakit. Senyawa tembaga memiliki manfaat untuk menjaga sistem imun agar tetap bekerja dengan baik.
  4. Menguatkan tulang. Tembaga memiliki manfaat untuk menguatkan tulang karena senyawa tersebut dapat membentuk protein-kolagen. Selain menguatkan tulang, proten-kolagen juga dapat menyehatkan kulit.
  5. Membangun metabolisme. Selain itu senyawa Tembaga juga dapat membangun metabolisme di mana memberi energi untuk tubuh manusia. Dalam senyawa tersebut yang digabung dengan protein, zinc, dan kalsium membangun metabolisme.

pelestarian tembaga

Membatasi jumlah pengambilan tembaga,menghemat penggunaannya,menggantinya dengan bahan alternative

4.     BESI

pemanfaatan dari unsur besi yang sering kita temui dalam kehidupan sehari – hari :
  1. Bahan baku pembuatan besi baja dan kabel / kawat baja
Bijih besi murni yang dileburkan dan langsung dicetak tanpa campuran berbagai macam unsur lainnya akan membentuk besi baja. Besi baja dinilai memiliki kekuatan yang dangat baik dan sering digunakan sebagai penopang konstruksi – konstruksi dari proyek – proyek bangunan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari besi baja :
  • Sebagai penopang konstruksi bawah tanah
  • Sebagai rangka dari pembuatan gedung bertingkat
  • Sebagai struktur konstruksi jembatan
  • Kawat dan tali baja dapat digunakan sebagai alat pengangkut pada crane, dan alat Derek
  • Digunakan sebagai beberapa spare part kendaraan, seperti roda, bodi dan bagian lainnya, terutama pada kendaraan berat dan special.
  1. Sebagai bahan dasar pembuatan tiang – tiang rambu lalu lintas dan LPJ ( lampu penerangan jalan )
Bjih besi yang dilebur dapat dicampur dengan unsur lain, seperti jenis alumunium untuk membuat tiang – tiang lampu jalanan dan rambu lalu yang kuat, namun ringan. Selain itu campuran ini juga dinilai ekonomis dan mudah dalam perawatan, serta memiliki ketahan terhadap korosi atau karat yang cukup bagus.
Cara melestarikannya Dengan mengurangi penambangan liar terhadap pasir besi

5.     NIKEL

manfaat dan penggunaan dari unsur nikel :
  1. Sebagai bahan campuran dalam pembuatan stainless steel
Besi biasa atau steel memiliki kecenderungan yang mudah mengalami karat atau stain ketika mengalami proses osidasi, seperti trkena air ataupun udara. Dengan menggunakan campura nikel dan juga krom, maka terciptalah jenis besi yang tahan akan karat, yaitu stainless steel. Stainless steel merupakan jenis besi anti karat yang sudah sangat populer dan banyak digunakan dalm industry – industry penyedia barang.
2.      Campuran pada besi baja
Beberapa jenis besi baja juga melibatkan nikel dalam pembuatan campurannya. Biasanya besi baja yang memiliki campuran nikel memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan besi baja yang dicampu alumunium. Selain tiu besi baja yang dicampur nikel juga memiliki ketahan terhadap karat yang lebih baik dibandingkan besi baja murni, walaupun tidak sebaik stainless steel.
3.      Pembuatan koin
Biasanya mata uang suatu Negara memiliki 2 jenis,yaitu dalam bentuk kertas dan bentuk koin. Mata uang yang memiliki bentuk koin dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang dicampur dengan unsur nikel. Hal ini dapat membuat uang koin atau yang biasa dikenal dengan istilah uang logam memiliki daya tahan terhadap karat, dan juga memiliki tekstur yang mengkilap.
Cara Melestarikannya dengan cara Tidak memakai secara berlebihan dan tidak boros pada saat memakai bauksit

No comments:

Post a Comment